Sejarah Munculnya Nasi Tutug Oncom - tiTasix Indonesia

Sejarah Munculnya Nasi Tutug Oncom

Sejarah Munculnya Nasi Tutug Oncom

Sejarah Munculnya Nasi Tutug Oncom - Apa yang pertama kali muncul di kepalamu ketika mendengar kata "Nasi Tutug Oncom" ?

Mungkin kebanyakan orang akan berpikir, Nasi Tutug Oncom adalah Nasi hangat yang ditaburi dengan Tutug Oncom yang dibakar terlebih dahulu. Dan biasanya, Nasi Tutug Oncom ini disajikan dengan Telur Dadar, Ikan Asin, Lalapan dan Sambal.

Dan, mengenai Sejarah Munculnya Nasi Tutug Oncom, Sebenarnya tidak ada yang bisa memastikan secara gamblang dan pasti tentang asal muasal Nasi Tutug Oncom.

Karena Nasi Tutug Oncom sudah ada sejak zaman Negara Indonesia dalam kondisi kesusahan. Jadi, Nasi TO ini tercipta secara turun temurun. Terutama pada zaman dulu, saat harga beras dan minyak begitu melambung dan terkesan tak memperdulikan rakyat kecil.

Sejak dulu, Nasi Tutug Oncom seolah menjelma menjadi 'Makanan Wajib' bagi orang Sunda.

Bahkan, menurut Seniman Sunda, Adang S, sejak tahun 1940-an, Nasi Tutug Oncom sering dijadikan 'Teman Sarapan'.

Kata Kang Asang S, "Orang Sunda zaman dulu meski punya peliharaan ayam atau ikan, tidak pernah makan hewan peliharaan tersenut. Hewan tersebut baru dipotong saat lebaran tiba."

Dari kebiasaan inilah, yang membuat suku Sunda menjadikan Nasi Tutug Oncom sebagai 'Makanan Wajib'.

Walau dulu Nasi Tutug Oncom terkenal dengan sebutan Makanan bagi orang yang kurang berada, tapi sekarang Nasi Tutug Oncom dapat dinikmati siapapun, tak mengenal kasta. Bahkan di zaman sekarang, telah hadir berbagai varian Tutug Oncom Instan yang sudah siap tabur ke nasi hangat. Contohnya Tutug Oncom Instan tiTasix.


Bagikan Artikel Sejarah Munculnya Nasi Tutug Oncom


Komentar Untuk Sejarah Munculnya Nasi Tutug Oncom